Tips Jitu Bangkitkan Semangat Kerja

Pernahkah Anda merasa pekerjaan yang dulu Anda cintai sekarang terasa menguras energi dan emosi Anda? Setiap hari, rutinitas Anda sebagai seorang karyawan dimulai oleh hal yang sama. Bangun pagi, menghadapi macet di jalan, menjawab email, menerima telepon, menghadapi pekerjaan dan bos yang sama setiap hari. Hidup Anda seakan seperti serangkaian film lama yang diputar berulang-ulang. Tantangan yang dulu diberikan pekerjaan Anda sekarang hanya sekedar rutinitas yang melelahkan belaka.

Terasa sangat membosankan bukan?

Walaupun Anda mencintai pekerjaan Anda, ada saatnya ketika Anda merasa bosan dan letih dengan pekerjaan dan keseharian Anda. Lebih parah lagi, Anda mungkin merasa load pekerjaan Anda terlalu banyak, tidak ada penghargaan yang sesuai dengan pekerjaan Anda bahkan Anda merasa underpaid.

Sebelum Anda mengambil langkah drastis seperti pindah kerja, berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan semangat lagi terhadap pekerjaan Anda.

  1. Cuti. Memaksakan diri untuk terus bekerja ketika Anda tak bersemangat dan merasa tidak berenergi akan sia-sia. Hasil kerja Anda tidak akan maksimal dan semangat kerja Anda semakin menurun. Lagipula, tips selanjutnya dibawah ini akan lebih maksimal jika dikerjakan setelah Anda kembali dari cuti.
  2. Delegasikan beberapa tanggung jawab Anda. Dengan demikian Anda terhindar dari lelah dan perasaan bosan mengerjakan pekerjaan yang sama setiap hari.
    Temukan proyek baru. Ajukan permohonan kepada bos Anda bahwa Anda ingin mencoba mengerjakan pekerjaan baru. Ingatlah bahwa proyek ini bukan sekedar media untuk menyalurkan kebosanan Anda namun tetap merupakan tanggung jawab Anda.
  3. Add some fun to your work place. Banyak cara untuk melakukan hal ini, seperti bawa puzzle ke kantor, letakkan benda favorit Anda di meja seperti action figure atau mainan lain. Atau lebih dahsyat lagi, pajang foto orang-orang yang Anda cintai seperti istri, anak, orang tua, karena untuk merekalah Anda bekerja dengan keras.
  4. Rencanakan aktifitas yang Anda sukai sepulang kerja. Shopping di malam hari, bertemu teman di kafe atau berolah raga di gym bisa jadi pilihan.
  5. Jika keadaan financial Anda tidak bermasalah, ambil cuti di luar tanggungan. Jangan lihat cuti ini sebagai kesempatan untuk berlibur namun jadikan waktu ini untuk meng-update keterampilan Anda.

Remember! : Motivasi yang paling ampuh adalah motivasi yang datang dari diri Anda sendiri akibat dari pengaruh dari orang-orang yang Anda cintai, so pastikan Anda bekerja untuk orang-orang yang Anda cintai.

Chandra Ming (CEO of Mingholdings)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *